Minggu, 20 Maret 2016

ANAVA



1.      JUDUL: Perbedaan Produktifitas Tenaga Kerja Ditinjau dari Variasi Jenjang Pendidikan Formal
2.      Variabel: gejala yang diteliti
Variabel:
a.       Independent/ bebas => X=1 => dengan k=3, dimana k=jenjang pendidikan formal.
·         k1= Pendidikan Dasar (SD)
·         k2= Pendidikan Menengah (SMP dan SMA/SMK)
·         k3= Pendidikan Tinggi
b.      Dependen/ terikat =>Y=1 => dengan Y adalah Produktifitas Tenaga Kerja.
3.      Langkah analisis baku
a.       Merumuskan hipotesis:
Ho: µ1=µ2=µ3 =>
Ho: pendidikan dasar=pendidikanmenengah=pendidikan tinggi.
Hi: µ1≠µ2≠µ3 =>
Hi: pendidikan dasar≠pendidikan menengah≠pendidikan tinggi.
Hipotesis: Hi : ada perbedaan produktifitas tenaga kerja berdasarkan jenjang pendidikan formal.
b.      Menentukan taraf signifikan (α)
Taraf signifikan (α)= 5%= 0,05 (batas atas) dan 1%=0,01 (batas bawah).

c.       Menentukan kriteria penyimpulan:
Ho. ditolak: F > Fα/(k-1); (kn-k)
Hi. ditolak: F ≤ Fα/(k-1); (kn-k)
Dengan k= banyaknya kelompok, n= banyaknya sampel






d.      Menghitung besarnya koefisien Variance (harga F)
1)      Membuat tabel data observasi, seperti dibawah ini:
Pendidikan Dasar
Pendidikan Menengah
Pendidikan Tinggi
Jumlah
X1
X12
X2
X22
X3
X32
X
X2
5
25
8
64
15
225


6
36
9
81
16
256


7
49
10
100
17
289


8
64
11
121
18
324


9
81
13
169
20
400


10
100
14
196
21
441


11
121
15
225
22
484


12
144
16
256
23
529


13
169
18
324
24
576


14
196
19
361
26
676


∑=95
∑=985
∑=133
∑=1987
∑=202
∑=4200
∑=430
∑=7082
T1
∑X12
T2
∑X22
T3
∑X32
G
∑∑X2J
n=10

n=10

n=10



T12=9025
T22=17689
T32=40804
T2J=67488
n=30, k=3
2)      Membuat simbol numerik, sbb:
a)      Simbol angka 1=G2/kn atau G2/n = 4302/30
G2/n = 184900/30
G2/n = 6163,333
b)      Simbol angka 2=∑∑ X2J = 7082
c)      Simbol angka 3= ∑T2J/n=
∑T2J/n = 9025/10 + 17689/10 + 40804/10
∑T2J/n = 902,5 + 1768,9 + 4080,4
∑T2J/n = 6751,8
3)      Menghitung Jumlah Kuadrat Perlakuan/ JK (Sum of Square):
JK. Perlakuan        = (3-1)
= 6751,8 – 616,3         = 588,5
JK. Kesalahan       = (2-3)
                              = 7082- 6751,8            = 330,2 +
JK. Total               = (2-1)
                              = 7082 – 6163,3          = 918,7
4)      Menentukan Degree of Freedom (df):
df. Perlakuan         = (k-1) = 3-1 = 2
df. Kesalahan        = (N-k) = 30-1 = 27

5)      Menghitung Rata-rata Kuadrat/ RK (Mean Square):
RK. Perlakuan       = JK. Perlakuan/df. Perlakuan
                              = 588,5/2         = 294,25
RK. Kesalahan      = JK. Kesalahan/df. Kesalahan
                              = 330,2/27       = 12,229
6)      Menghitung besarnya F
F    = RK. Perlakuan/RK. Kesalahan
      = 294,25/12,229          = 24,061
Tabel Anava:
SUMBER VARIAN
SUM OF SQUARE (Jumlah Kuadrat)
DEGREE OF FREEDOM (Derajat bebas)
MEAN SQUARE (Rata-rata Kuadrat)
F. HITUNG
Variance Between (Perlakuan)
SSb= 558,5
k-1=2
MSb=SSb/df
= 588,5/2
= 294,25
F=MSb/MSw
  =294,25/12,229
  =24,061
Variance Within
SSw= 330,2
N-k=27
MSw=SSw/df
= 330,2/27
Total
SST=918,7
N-1=29



e.       Menarik kesimpulan (dengan membandingkan harga F dengan Fα/df
Ø  Harga F. Hitung : 24,061
Harga F. Tabel       = F0,05/(k-1) ; (N-k) atau
= F0,05/2 ; 27 =3,35
Ø  Dengan demikian harga F > F0,05/2 ; 27 atau 24,061 > 3,35. Maka dapat disimpulkan bahwa H0. Ditolak. Artinya bahwa ada pengaruh jenjang pendidikan formal terhadap produktifitas tenaga kerja, yaitu produktifitas dan jenjang pendidikan yang tinggi LEBIH BAIK daripada produktifitas dan jenjang pendidikan menengah dan dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar