1.
JUDUL:
Perbedaan Produktifitas Tenaga Kerja Ditinjau dari Variasi Jenjang Pendidikan
Formal
2.
Variabel:
gejala yang diteliti
Variabel:
a.
Independent/
bebas => X=1 => dengan k=3, dimana k=jenjang pendidikan formal.
·
k1=
Pendidikan Dasar (SD)
·
k2=
Pendidikan Menengah (SMP dan SMA/SMK)
·
k3=
Pendidikan Tinggi
b.
Dependen/
terikat =>Y=1 => dengan Y adalah Produktifitas Tenaga Kerja.
3.
Langkah
analisis baku
a.
Merumuskan
hipotesis:
Ho: µ1=µ2=µ3 =>
Ho: pendidikan dasar=pendidikanmenengah=pendidikan tinggi.
Hi: µ1≠µ2≠µ3 =>
Hi: pendidikan dasar≠pendidikan menengah≠pendidikan tinggi.
Hipotesis: Hi : ada
perbedaan produktifitas tenaga kerja berdasarkan jenjang pendidikan formal.
b.
Menentukan
taraf signifikan (α)
Taraf signifikan (α)= 5%= 0,05 (batas atas) dan 1%=0,01 (batas
bawah).
c.
Menentukan
kriteria penyimpulan:
Ho. ditolak: F > Fα/(k-1); (kn-k)
Hi. ditolak: F ≤ Fα/(k-1); (kn-k)
Dengan k= banyaknya kelompok, n= banyaknya sampel
d.
Menghitung
besarnya koefisien Variance (harga F)
1)
Membuat
tabel data observasi, seperti dibawah ini:
Pendidikan
Dasar
|
Pendidikan
Menengah
|
Pendidikan
Tinggi
|
Jumlah
|
||||
X1
|
X12
|
X2
|
X22
|
X3
|
X32
|
X
|
X2
|
5
|
25
|
8
|
64
|
15
|
225
|
|
|
6
|
36
|
9
|
81
|
16
|
256
|
|
|
7
|
49
|
10
|
100
|
17
|
289
|
|
|
8
|
64
|
11
|
121
|
18
|
324
|
|
|
9
|
81
|
13
|
169
|
20
|
400
|
|
|
10
|
100
|
14
|
196
|
21
|
441
|
|
|
11
|
121
|
15
|
225
|
22
|
484
|
|
|
12
|
144
|
16
|
256
|
23
|
529
|
|
|
13
|
169
|
18
|
324
|
24
|
576
|
|
|
14
|
196
|
19
|
361
|
26
|
676
|
|
|
∑=95
|
∑=985
|
∑=133
|
∑=1987
|
∑=202
|
∑=4200
|
∑=430
|
∑=7082
|
T1
|
∑X12
|
T2
|
∑X22
|
T3
|
∑X32
|
G
|
∑∑X2J
|
n=10
|
|
n=10
|
|
n=10
|
|
|
|
T12=9025
|
T22=17689
|
T32=40804
|
T2J=67488
|
n=30,
k=3
2)
Membuat
simbol numerik, sbb:
a)
Simbol
angka 1=G2/kn atau G2/n = 4302/30
G2/n
= 184900/30
G2/n
= 6163,333
b)
Simbol
angka 2=∑∑ X2J = 7082
c)
Simbol
angka 3= ∑T2J/n=
∑T2J/n
= 9025/10 + 17689/10 + 40804/10
∑T2J/n
= 902,5 + 1768,9 + 4080,4
∑T2J/n
= 6751,8
3)
Menghitung
Jumlah Kuadrat Perlakuan/ JK (Sum of Square):
JK. Perlakuan = (3-1)
= 6751,8 – 616,3 =
588,5
JK. Kesalahan = (2-3)
= 7082- 6751,8 = 330,2 +
JK. Total = (2-1)
= 7082 – 6163,3 = 918,7
4)
Menentukan
Degree of Freedom (df):
df. Perlakuan = (k-1) = 3-1 = 2
df. Kesalahan = (N-k) = 30-1 = 27
5)
Menghitung
Rata-rata Kuadrat/ RK (Mean Square):
RK. Perlakuan = JK. Perlakuan/df. Perlakuan
= 588,5/2 = 294,25
RK. Kesalahan = JK. Kesalahan/df. Kesalahan
= 330,2/27 = 12,229
6)
Menghitung
besarnya F
F = RK. Perlakuan/RK. Kesalahan
= 294,25/12,229 = 24,061
Tabel Anava:
SUMBER
VARIAN
|
SUM
OF SQUARE (Jumlah Kuadrat)
|
DEGREE
OF FREEDOM (Derajat bebas)
|
MEAN
SQUARE (Rata-rata Kuadrat)
|
F.
HITUNG
|
Variance
Between (Perlakuan)
|
SSb=
558,5
|
k-1=2
|
MSb=SSb/df
=
588,5/2
= 294,25
|
F=MSb/MSw
=294,25/12,229
=24,061
|
Variance
Within
|
SSw=
330,2
|
N-k=27
|
MSw=SSw/df
=
330,2/27
|
|
Total
|
SST=918,7
|
N-1=29
|
|
|
e.
Menarik
kesimpulan (dengan membandingkan harga F dengan Fα/df
Ø Harga F. Hitung : 24,061
Harga F. Tabel = F0,05/(k-1) ; (N-k) atau
= F0,05/2
; 27 =3,35
Ø Dengan demikian harga F > F0,05/2 ; 27 atau 24,061
> 3,35. Maka dapat disimpulkan bahwa H0. Ditolak. Artinya bahwa
ada pengaruh jenjang pendidikan formal terhadap produktifitas tenaga kerja,
yaitu produktifitas dan jenjang pendidikan yang tinggi LEBIH BAIK
daripada produktifitas dan jenjang pendidikan menengah dan dasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar