BAB
I
1. Wahana
untuk mempersiapkan manusia dalam memecahkan problem kehidupan dimasa kini
maupun dimasa yang akan datang adalah ...
a.
Pendidikan
b. Kasih
sayang
c. Tugas
d. Pelajaran
e. Lingkungan
2. Masa
depan bangsa teletak ditangan ...
a.
Generasi
sekarang
b. Generasi
sebelumnya
c. Penjajah
d. Dosen
e. Guru
3. Rasulullah
SAW bersabda “ Seluruh anak adam terlahir sebagai ...”
a.
Fitrah
b. Cobaan
c. Ujian
d. Hamba
Allah
e. Pelajar
4. Dibawah
ini yang termasuk sumber daya manusia adalah, kecuali ...
a. Daya
tubuh
b. Daya
hidup
c. Daya
akal
d.
Daya
tahan
e. Daya
qalbu
5. Prof.
Dr. Ahmadi (2005) menyatakan bahwa Quraish Shihab mendiskripsikan 4 sumber daya
manusia yang ditulis beliau dalam buku ...
a.
Ideologi
Pendidikan Islam
b. Ideologi
Muslim
c. Ideologi
sumber Daya manusia
d. Pendidikan
Akhlak
e. Pendidikan
Pancasila
6. Dalam
arti klasikal, landasan pendidikan berarti ...
a.
Tumpuan,
dasar atau alas
b. Atap
c. Pengikat
d. Klasikal
e. Perencanaan
7. Landasan
pesawat terbang merupakan contoh dasar pendidikan yang bersifat ...
a.
Material
b. Formal
c. Semi
Formal
d. Konseptual
e. Normatif
8. Landasan
pendidikan merupakan contoh dari dasar pijakan yang bersifat ...
a. Asumsi
– asumsi
b. Material
c. Formal
d.
Konseptual
e. Fakta
9. Asumsi
– asumsi yang menjadi dasar atau landasan dalam rangka menyusun perencanaan dan
pelaksanaan pendidikan disebut ...
a.
Landasan
Pendidikan
b. Pendidikan
c. Pembelajaran
d. Materi
e. Ilmu
10. Pendidikan
sering disebut ...
a.
Ilmu
normatif
b. Ilmu
adaptif
c. Ilmu
Produktif
d. Ilmu
landasan pendidikan
e. Ilmu
pendidikan
BAB
II
1. Proses
untuk mempertahankan eksistensi dalam kehidupannya adalah . . .
a.
Pendidikan
b. Sosial
c. Budaya
d. Keagamaan
e. Keguruan
2. Kebenaran
ilmu yang dihasilkan dari pencermatan terhadap kalam ilahi adalah. . .
a.
Qauliyah
b. Kauniyah
c. Qauluyah
d. Kauniyah
e. Ananiyah
3. Pada
dasarnya pendididkan adalah milik ALLAH dimana sumbernya dapat dipolakan pada 2
pendekatan yaitu. . .
a.
Pendekatan
Kauniyah & pendekatan Qauluyah
b. Pendekatan
Ananiyah & pendekatan Kauniyah
c. Penndekatam
Qauluyah & pendekatan Ananiyah
d. Pendekatan
Qauliyah dan pendekatan Kauniyah
e. Pendekatan
Ananiyah & Pendekatan Qauliyah
4. Dimensi
dimensi manusia diantaranya, kecuali. . .
a. Manusia
adalah makhluk relegius
b. Manusia
sebagai makhluk monodualis
c. Manusia
sebagai makhluk pribadi
d. Manusia
sebagai makhluk sosial
e.
Manusia
sebagai makhluk homodualis
5. Pernyataan
:
·
Dimensi
keindividualan
·
Dimensi
kesosialan
·
Dimensi
kesusilaan
·
Dimensi
keberagaman
Siapa pengemuka dimensi
dimensi diatas. . .
a.
Tirta
raharja
b. Fariz
al buqori
c. Ardy
faturahman
d. David
jams
e. Rangga
wiyono
6. Manusia
pada hakikatnya adalah manusia yang akan dibalas atas usahanya,salah satu
bentuk bentuk reword tertuang dalam Q.S . . . .
a.
Q.S
Al-Baqarah : 25
b. Q.S
Al-Baqarah : 55
c. Q.S
Al-Baqarah : 52
d. Q.S
Yasin : 65
e. Q.S
Yasin : 25
7. Peran
manusia sebagai makhluk religius adalah ...
a.
Khalifah
dan hamba allah
b. Penjaga
c. Pencipta
d. Pemuja
e. Bertaqwa
8. Perbedaan
makhluk antarindividu mencakup, kecuali ...
a. Perbedaan
watak
b. Perbedaan
cita – cita
c. Perbedaan
minat
d. Perbedaan
bakat
e.
Perbedaan
suku
9. Beberapa
prinsip yang harus diperhatikan dalma menata hubungan sosial, kecuali ...
a. Menjunjung
nilai – nilai keadilan
b.
Mengutamakan
keindividuan
c. Mentradisikan
musyawarah
d. Membangun
komitmen
e. Menebarkan
cinta kasih
10. Apa
arti dari “ Liya’buduun “ yang terdapat dalam surat Adz- Dzariyaat ayat 56 ?
a.
Mengabdi
b. Mencaci
maki
c. Berlomba
– lomba
d. Jihad
e. Sembahyang
BAB
III
1. Arti
dari istilah “ Paidos “ adalah ...
a. Mengantarkan
b. Membimbing
c.
Budak
d. Mengajar
e. Mencari
ilmu
2. Pendidik,
peserta didik, ilmu yang disampaikan merupakan ...
a.
Unsur
– unsur pendidikan
b. Hakikat
pendidikan
c. Syarat
pembelajaran
d. Pengertian
pendidikan
e. Dasar
pendidikan
3. Pendidikan
adalah usaha sadar dan terencana mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat, dan negara. Hal tersebut tertuang dalam UU nomor ...
a.
UU
No. 20 tahun 2003
b. UU
No. 21 tahun 2003
c. UU
No. 12 tahun 2013
d. UU
No. 20 tahun 2002
e. UU
No. 21 tahun 2002
4. Pendidikan
adalah kegiatan membimbing anak manusia menuju kedewasaan dan mandiri, ialah
pengertian pendidikan menurut ...
a.
M.J
Langeveld
b. David
Reisman
c. Ernest
Hemingway
d. John
Dewey
e. Fariz
Hilton
5. Ilmu
pendidikan yaitu teori pendidikan,
perenungan tentang pendidikan ,dalam arti luas ilmu pendidikan yaitu ilmu
pengetahuan yang mempelajarri soals soal yang timbul dalam praktik pendidikan
ialah ilmu pendidikan menurut. . .
a. MJ
Langeveld
b.
S.Brojonegoro
c. Imam
barnadib
d. Driyarkara
e. Carter
V. Good
6. Beberapa
syarat suatu kegiatan dinamakan pembelajaran ,kecuali. . .
a. Kegiatan
dilakukan dengan sengaja
b. Kegiatan
dilakukan secara terencana
c. Kegiatan
dilandasi dengan metodelogi pembelajaran
d.
Dalam
kegiatan tidak terdapat interaksi
e. Mempunyai
tujuan intruksional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar