Sabtu, 02 April 2016

Landasan Pendidikan~Unun


BAB I

1.      Wahana untuk mempersiapkan manusia dalam memecahkan problem kehidupan dimasa kini maupun dimasa yang akan datang adalah ...
a.      Pendidikan
b.      Kasih sayang
c.       Tugas
d.      Pelajaran
e.       Lingkungan
2.      Masa depan bangsa teletak ditangan ...
a.      Generasi sekarang
b.      Generasi sebelumnya
c.       Penjajah
d.      Dosen
e.       Guru
3.      Rasulullah SAW bersabda “ Seluruh anak adam terlahir sebagai ...”
a.      Fitrah
b.      Cobaan
c.       Ujian
d.      Hamba Allah
e.       Pelajar
4.      Dibawah ini yang termasuk sumber daya manusia adalah, kecuali ...
a.       Daya tubuh
b.      Daya hidup
c.       Daya akal
d.      Daya tahan
e.       Daya qalbu
5.      Prof. Dr. Ahmadi (2005) menyatakan bahwa Quraish Shihab mendiskripsikan 4 sumber daya manusia yang ditulis beliau dalam buku ...
a.      Ideologi Pendidikan Islam
b.      Ideologi Muslim
c.       Ideologi sumber Daya manusia
d.      Pendidikan Akhlak
e.       Pendidikan Pancasila
6.      Dalam arti klasikal, landasan pendidikan berarti ...
a.      Tumpuan, dasar atau alas
b.      Atap
c.       Pengikat
d.      Klasikal
e.       Perencanaan
7.      Landasan pesawat terbang merupakan contoh dasar pendidikan yang bersifat ...
a.      Material
b.      Formal
c.       Semi Formal
d.      Konseptual
e.       Normatif
8.      Landasan pendidikan merupakan contoh dari dasar pijakan yang bersifat ...
a.       Asumsi – asumsi
b.      Material
c.       Formal
d.      Konseptual
e.       Fakta
9.      Asumsi – asumsi yang menjadi dasar atau landasan dalam rangka menyusun perencanaan dan pelaksanaan pendidikan disebut ...
a.      Landasan Pendidikan
b.      Pendidikan
c.       Pembelajaran
d.      Materi
e.       Ilmu
10.  Pendidikan sering disebut ...
a.      Ilmu normatif
b.      Ilmu adaptif
c.       Ilmu Produktif
d.      Ilmu landasan pendidikan
e.       Ilmu pendidikan


BAB II

1.      Proses untuk mempertahankan eksistensi dalam kehidupannya adalah . . .
a.      Pendidikan
b.      Sosial
c.       Budaya
d.      Keagamaan
e.       Keguruan
2.      Kebenaran ilmu yang dihasilkan dari pencermatan terhadap kalam ilahi adalah. . .
a.      Qauliyah
b.      Kauniyah
c.       Qauluyah
d.      Kauniyah
e.       Ananiyah
3.      Pada dasarnya pendididkan adalah milik ALLAH dimana sumbernya dapat dipolakan pada 2 pendekatan yaitu. . .
a.      Pendekatan Kauniyah & pendekatan Qauluyah
b.      Pendekatan Ananiyah & pendekatan Kauniyah
c.       Penndekatam Qauluyah & pendekatan Ananiyah
d.      Pendekatan Qauliyah dan pendekatan Kauniyah
e.       Pendekatan Ananiyah & Pendekatan Qauliyah
4.      Dimensi dimensi manusia diantaranya, kecuali. . .
a.       Manusia adalah makhluk relegius
b.      Manusia sebagai makhluk monodualis
c.       Manusia sebagai makhluk pribadi
d.      Manusia sebagai makhluk sosial
e.       Manusia sebagai makhluk homodualis
5.      Pernyataan :
·         Dimensi keindividualan
·         Dimensi kesosialan
·         Dimensi kesusilaan
·         Dimensi keberagaman
Siapa pengemuka dimensi dimensi diatas. . .
a.      Tirta raharja
b.      Fariz al buqori
c.       Ardy faturahman
d.      David jams
e.       Rangga wiyono
6.      Manusia pada hakikatnya adalah manusia yang akan dibalas atas usahanya,salah satu bentuk bentuk reword tertuang dalam Q.S . . . .
a.      Q.S Al-Baqarah : 25
b.      Q.S Al-Baqarah : 55
c.       Q.S Al-Baqarah : 52
d.      Q.S Yasin : 65
e.       Q.S Yasin : 25
7.      Peran manusia sebagai makhluk religius adalah ...
a.      Khalifah dan hamba allah
b.      Penjaga
c.       Pencipta
d.      Pemuja
e.       Bertaqwa
8.      Perbedaan makhluk antarindividu mencakup, kecuali ...
a.       Perbedaan watak
b.      Perbedaan cita – cita
c.       Perbedaan minat
d.      Perbedaan bakat
e.       Perbedaan suku
9.      Beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalma menata hubungan sosial, kecuali ...
a.       Menjunjung nilai – nilai keadilan
b.      Mengutamakan keindividuan
c.       Mentradisikan musyawarah
d.      Membangun komitmen
e.       Menebarkan cinta kasih
10.  Apa arti dari “ Liya’buduun “ yang terdapat dalam surat Adz- Dzariyaat ayat 56 ?
a.      Mengabdi
b.      Mencaci maki
c.       Berlomba – lomba
d.      Jihad
e.       Sembahyang



BAB III
1.      Arti dari istilah “ Paidos “ adalah ...
a.       Mengantarkan
b.      Membimbing
c.       Budak
d.      Mengajar
e.       Mencari ilmu
2.      Pendidik, peserta didik, ilmu yang disampaikan merupakan ...
a.      Unsur – unsur pendidikan
b.      Hakikat pendidikan
c.       Syarat pembelajaran
d.      Pengertian pendidikan
e.       Dasar pendidikan
3.      Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, dan negara. Hal tersebut tertuang dalam UU nomor ...
a.      UU No. 20 tahun 2003
b.      UU No. 21 tahun 2003
c.       UU No. 12 tahun 2013
d.      UU No. 20 tahun 2002
e.       UU No. 21 tahun 2002
4.      Pendidikan adalah kegiatan membimbing anak manusia menuju kedewasaan dan mandiri, ialah pengertian pendidikan menurut ...
a.      M.J Langeveld
b.      David Reisman
c.       Ernest Hemingway
d.      John Dewey
e.       Fariz Hilton
5.      Ilmu pendidikan yaitu  teori pendidikan, perenungan tentang pendidikan ,dalam arti luas ilmu pendidikan yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajarri soals soal yang timbul dalam praktik pendidikan ialah ilmu pendidikan menurut. . .
a.       MJ Langeveld
b.      S.Brojonegoro
c.       Imam barnadib
d.      Driyarkara
e.       Carter V. Good
6.      Beberapa syarat suatu kegiatan dinamakan pembelajaran ,kecuali. . .
a.       Kegiatan dilakukan dengan sengaja
b.      Kegiatan dilakukan secara terencana
c.       Kegiatan dilandasi dengan metodelogi pembelajaran
d.      Dalam kegiatan tidak terdapat interaksi
e.       Mempunyai tujuan intruksional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar