BAB
I
MANAJEMEN
PENDIDIKAN
A.
Pengertian
Manajemen Pendidikan
Manajemen Pendidikan sebagai suatu
Proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam
mengelola sumber daya yang berupa man, money, materials, method, machines,
market, minute dan information untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien
dalam bidang pendidikan.
B.
Tujuan
dan Manfaat Manajemen Pendidikan
1)
Mengetahui
permasalahan dalam rangka percepatan penuntasan Wajar 9 tahun
2)
Menyusun
rencana dan merumuskan tujuan
3)
Mengidentifikasi
kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman dalam perencanaan
4)
Sebagai
acuan dalam penetapan anggaran pendidikan
5)
Sebagai
alat pengendalian dalam pelaksanaan pembangunan pendidikan khususnya dalam
percepatan Wajar 9 tahun
C.
Prinsip-prinsip
Manajemen Pendidikan
1.
Pembagian
kerja (Division of work)
2.
Pemberian
Wewenang dan Tanggung Jawab (Authority and responsibility)
3.
Memiliki
Disiplin (Discipline)
4.
Adanya
Kesatuan Komando atau perintah (Unity of command)
5.
Adanya
Kesatuan Arahan (Unity of direction)
6.
Mengutamakan
kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri
7.
Adanya
Pemberian Kesejahteraan atau gaji pegawai
8.
Adanya
Pemusatan Wewenang (Centralization)
9.
Adanya
Hirarki (tingkatan)
10.
Adanya
Keadilan dan kejujuran
11.
Adanya
Stabilitas kondisi karyawan
12.
Adanya
Prakarsa (Inisiative)
13.
Semangat
kesatuan dan semangat korps
D.
Ruang
Lingkup Manajemen Pendidikan
1.
Menurut
Wilayah kerja, ruang lingkupnya meliputi : Manajemen seluruh negara, manajemen
satu propinsi, manajemen satu unit kerja, dan manajemen kelas.
2.
Menurut
Objek garapan, ruang lingkupnya meliputi : Manajemen siswa, manajemen ketenaga
pendidikan, manajemen sarana-prasarana, manajemen tata laksana pendidikan,
mqanajemen pembiayaan dan manajemen humas.
3.
Menurut
Fungsi Kegiatan, ruang lingkupnya meliputi : Merencanakan, mengorganisasikan,
mengarahkan, mengkoordinasikan, mengko-munikasikan, mengawasi atau
mengevaluasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar